Kesempurnaan Seorang Muslim


بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Dari Khalid bin Al-Walid Radhiallahu ‘anhu telah berkata: Telah datang seorang arab desa kepada Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam yang mana dia telah menyatakan tujuannya: Wahai Rasulullah! sesungguhnya kedatangan aku ini adalah untuk bertanya engkau mengenai apa yang akan menyempurnakan diriku di dunia dan akhirat.

Maka Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam telah berkata kepadanya, “Tanyalah apa yang engkau kehendaki,”

Dia berkata:
“Aku mau menjadi orang yang alim.”
Rasulullah menjawab:  
“Takutlah kepada Allah maka engkau akan jadi orang alim.”

Dia berkata:  
“Aku mau menjadi orang paling kaya.”
Rasulullah menjawab:  
“Jadilah orang yang yakin pada diri maka engkau akan jadi orang paling kaya.”

Dia berkata:  
“Aku mau menjadi orang yang adil.”
Rasulullah menjawab:  
“Kasihanilah manusia yang lain sebagaimana engkau kasih pada diri sendiri maka jadilah engkau seadil-adil manusia.”

Dia berkata:  
“Aku mau menjadi orang yang paling baik.”
Rasulullah menjawab:  
“Jadilah orang yang berguna kepada masyarakat maka engkau akan jadi sebaik-baik manusia.”

Dia berkata:  
“Aku mau menjadi orang yang istimewa di sisi Allah.”
Rasulullah menjawab:  
“Banyakkan zikrullah niscaya engkau akan jadi orang istimewa di sisi Allah.”

Dia berkata:  

“Aku mau disempurnakan imanku.”
Rasulullah menjawab:  
“Perelokkan akhlakmu niscaya imanmu akan sempura.”

Dia berkata:  
“Aku mau termasuk dalam golongan orang yang muhsinin (baik).”
Rasulullah menjawab:  
“Beribadatlah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya dan jika engkau tidak merasa begitu sekurangnya engkau yakin Dia tetap melihat engkau maka dengan cara ini engkau akan termasuk golongan muhsinin.”

Dia berkata:
  
“Aku mau termasuk dalam golongan mereka yang taat.”
Rasulullah menjawab:  
“Tunaikan segala kewajiban yang difardhukan maka engkau akan termasuk dalam golongan mereka yang taat.”

Dia berkata:  
“Aku mau berjumpa Allah dalam keadaan bersih dari dosa.”
Rasulullah menjawab:  
“Bersihkan dirimu dari najis dosa niscaya engkau akan menemui Allah dalam keadaan suci dari dosa.”

Dia berkata:  
“Aku mau dihimpun pada hari kiamat di bawah cahaya.”
Rasulullah menjawab:
“Jangan menzalimi seseorang maka engkau akan dihitung pada hari kiamat di bawah cahaya.”

Dia berkata:
 “Aku mau dikasihi oleh Allah pada hari kiamat.”
Rasulullah menjawab: 
“Kasihanilah dirimu dan kasihanilah orang lain niscaya Allah akan mengasihanimu pada hari kiamat.”

Dia berkata:
“Aku mau dihapuskan segala dosaku.”
Rasulullah menjawab:
“Bnyakkan beristighfar niscaya akan dihapuskan (dikurangi) segala dosamu.”

Dia berkata:
 “Aku mau menjadi semulia-mulia manusia.”
Rasulullah menjawab:
“Jangan menimpakan sesuatu perkara pada orang lain niscaya egkau akan jadi semulia-mulia manusia.”

Dia berkata:  
“Aku mau menjadi segagah-gagah manusia.”
Rasulullah menjawab:  
“Senantiasa menyerah diri (tawakkal) kepada Allah niscaya engkau akan jadi segagah-gagah manusia.”

Dia berkata:  
“Aku mau dimurahkan rezeki oleh Allah.”
Rasulullah menjawab:  
“Senantiasa berada dalam keadaan bersih (dari hadas) niscaya Allah akan memurahkan rezeki kepadamu.”

Dia berkata:  
“Aku mau termasuk dalam golongan mereka yang dikasihi oleh Allah dan RasulNya.”
Rasulullah menjawab:  
“Cintailah segala apa yang disukai oleh Allah dan RasulNya maka engkau termasuk dalam golongan yang oleh dicintai mereka.”

Dia berkata: 
 
“Aku mau diselamatkan dari kemurkaan Allah pada hari kiamat.”
Rasulullah menjawab:  
“Jangan marah kepada orang lain niscaya engkau akan terselamat dari kemurkaan Allah dan RasulNya.”

Dia berkata:
“Aku mau diterima segala permohonanku.”
Rasulullah menjawab:  
“Jauhilah makanan haram niscaya segala permohonanmu akan diterimaNya.”

Dia berkata: 
 “Aku mau agar Allah menutupkan segala keaibanku pad hari kiamat.”
Rasulullah menjawab:  
“Tutuplah keburukan orang lain niscaya Allah akan menutup keaibanmu pada hari kiamat.”

Dia berkata:
 “Siapa yang terselamat dari dosa?.”
Rasulullah menjawab:  
“Orang yang senantiasa mengalir air mata penyesalan, mereka yang tunduk pada kehendakNya dan mereka yang ditimpa kesakitan.”

Dia berkata:  
“Apakah sebesar-besar kebaikan disisi Allah?.”
Rasulullah menjawab:  
“Elok budi pekerti, rendah diri dan sabar dalam ujian (bala).”

Dia berkata:
“Apakah sebesar-besar kejahatan di sisi Allah?.”
Rasulullah menjawab:  
“Buruk akhlak dan sedikit ketaatan.”

Dia berkata:
“Apakah yang meredakan kemurkaan Allah di dunia dan akhirat ?”
Rasulullah menjawab:  
“Sedekah dalam keadaan sembunyi (tidak diketahui) dan menghubungkan kasih sayang.”

Dia berkata:  
“Apakah yang akan memadamkan api neraka pada hari kiamat? “
Rasulullah menjawab: 
“Sabar di dunia dengan bala dan musibah.”

Telah berkata Imam Mustaghfirin: “Aku tidak pernah menjumpai hadist yang besar dan merangkumi kesempurnaan agama dan bermanfaat selain hadist ini ….”

 Ya Allah Ya Rohman
Tuhan yang menciptakan makhluk berpasang-pasangan. Diciptakanya siang dan malam, langit dan bumi, bintang dan bulan. Diciptakannya buat lelaki, seorang perempuan sebagai teman untuk berkasih-kasihan. Ya Allah Sesungguhnya kami bersyukur kepada-Mu atas nikmat kejadian.

Ya Allah sadarkanlah kami akan hakikat kehambaan dan keinsanan. Agar rendah hati meskipun berharta. Agar bijaksana meskipun berkuasa. Agar tidak asyik dibuai nikmat dunia. Agar tidak tunduk pada syaitan dan nafsu menggila. Agar keinsanan tak punah oleh dendam kesumat, tamak haloba dengki khianat, fitnah dan buruk sangka. Agar tidak dilaknat oleh Tuhan semesta. Allahumma Aamiin … Ya Mujibas Sa’ilin, Ya Rabbal Mustada’fin, Ya Rahman Ya Rahim.

آميـــــــــن آميـــــــــن يَا رَبَّ العَالَمِينَْ
 وَ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Jangan lupa Komentar yah... :D Jangan komen Link/Smap OK ;)

