Mengenal Konsep AKU


Berhubung Hari ini 21 Mei, Hari Peringatan Reformasi. Saya post yang berbau Materi nih, sekedar shering dalam masalah Pergerakan..😀

“Revolusi Bukan Impian, Revolusi Adalah sebuah Tujuan”

Mungkin kawan-kawan pernah mendapatkan konsep ini sebelumnya, karena Konsep ini sangatlah umum utnuk dipelajari baik dari sisi apapun. Nah kali ini saya post Mengenal Konsep AKU dalam sebuah Pergerakan/Organisasi sebab saya dapet materinya juga dari Organisasi.  

 

Apa sih yang dimaksud dengan AKU 

AKU adalah singkatan dari kata AMBISI, KENYATAAN, dan USAHA. Beberapa dari rekan-rekan mungkin sudah pernah mendapatkan materi ini dari pelatihan ataupun seminar. 3 hal ini saling berkaitan satu sama lain. Dan ini bisa menjadi media introspeksi kita, tentunya untuk membantu pencapaian hasil yang lebih maksimal.

 

A  M  B  I  S  I

Ambisi  bisa diartikan sebagai keinginan yang besar untuk memperoleh atau mencapai sesuatu. Ketika kita memiliki suatu goal atau tujuan di akhir, maka pertanyaan berikutnya seberapa besar keinginan kita untuk mencapainya. Mereka yang hanya sekedar-sekedar saja dalam menginginkan goalnya tentu saja pada akhirnya yang dicapai juga hanya sekedar-sekedar, tidak bisa maksimal.

Lantas apa bedanya ambisi dengan motivasi? Jika ambisi adalah keinginan yang begitu kuat untuk mencapai sesuatu, maka motivasi adalah hal-hal yang mendorong kita untuk mewujudkan ambisi itu tadi. Ambisi tanpa motivasi biasanya hanya akan tumbang di tengah jalan.

Hubungan antara goal, ambisi, dan motivasi bisa dianalogikan seperti ketika kita hendak bepergian ke suatu tempat, katakanlah Dream City. Maka Dream City bisa dibilang sebagai goal. Nah, letak ambisi adalah pada keinginan kita. Kita bener-bener ingin atau tidak pergi ke Dream City. Sedangkan motivasi lebih kepada bahan bakar atau perbekalan. Cukup ngga sih, bekal kita untuk pergi ke Dream City. Kalau bekal habis di jalan ya wassalam…

AMBISI

K E N Y A T A A N

Kenyataan bahasa gampangnya adalah kondisi atau keadaan Anda saat ini.

Kalau dikaitkan dengan ambisi, kenyataan lebih pada faktor-faktor yang mempengaruhi peluang keberhasilan dalam mencapai suatu tujuan yang menjadi ambisi kita.

Goal ada, ambisi besar, tapi kenyataan yang ada tidak mendukung akan sulit untuk mencapai keberhasilan. Oleh karena itu kita perlu mengenali kenyataan yang ada pada diri kita. Sudah sesuaikah dengan ambisi kita? Jangan-jangan cuma ambisinya saja yang besar. Ada banyak cara untuk menganalisis kenyataan ini. Salah satu metode yang cukup populer adalah dengan Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat). Lebih lanjutnya mengenai SWOT bias Anda Baca ulasannya disini.

SWOT  Analysis Dengan menganalisis kenyataan yang ada, maka kita bias mengoptimalkan point selanjutnya yaitu… USAHA!

 

U S A H A

Usaha dalam konteks materi AKU adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan untuk mencapai ambisi. Mari coba kita kaitkan dengan point kedua, yaitu Kenyataan.

Pada say kita menganalisis kenyataan yang ada, maka akan kita dapati beberapa kelemahan yang mungkin menjadi penghalang dalam pencapaian suatu ambisi. Disini ada 2 sikap yang bias kita ambil. Pertama adalah mengganti ambisi dan gol yang sudah ditetapkan. Kedua adalah mencari solusi atas kekurangan tersebut, dan menjadikannya kekuatan untuk mendukung kita mencapai goal.

Biasanya, ketika kita sudah sangat menginginkan sesuatu, sangat jarang langkah pertama ditempuh. Namanya juga sangat menginginkan sesuatu, tentu tidak begitu saja mengubahnya. Sayangnya, masih banyak juga yang pada akhirnya terjebak dalam angan-angan palsu, ambisi yang tidak tercapai. Menginginkan sesuatu, tapi karena kenyataan tidak mendukung lantas menyerah. Ambisi dan goalnya sih tetap, tapi usahanya itu loh.

Maka dari itu, kita melakukan langkah kedua. Analisis kenyataan yang ada pada diri Anda, dan cari solusi atas kekurangan tersebut, jangan lupa eksekusinya. Percuma dong dianalisis melulu tapi ngga ada tindakannya sama sekali. Sama dengan bepergian tadi. Rencana matang, fasilitas mendukung, perbekalan dan bahan bakar oke tapi nggak jalan-jalan juga ya tidak akan sampai ke Cream Land.

USAHA

Dah ah segini dulu nanti saya Post lagi tuh tentang SWOT nya cape ngetiknya…..

Jika kita udah bisa nih nerapin ini pasti sukses….. 

Semoga bermanfaat   (langsung tepar deh).

Tentang Pemateri
Nama : Dedy Syeh

35 thoughts on “Mengenal Konsep AKU

  1. AMBISI, KENYATAAN, dan USAHA (AKU)
    Ambisi bisa diartikan sebagai keinginan yang besar untuk memperoleh atau mencapai sesuatu. Ambisi = azam kali ya?

Jangan lupa Komentar yah... :D Jangan komen Link/Smap OK ;)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s